Visi Dan Misi
VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PRIORITAS/ UNGGULAN
A. Visi
Terwujudnya Pribadi Muslim yang Sehat, Unggul, Inklusif, Berwawasan Global, Ramah Anak, dan Ramah Lingkungan
Indikator Visi :
1. Unggul dalam pembentukan pribadi yang sehat jasmani dan rohani
2. Unggul dalam pembinaan pribadi yang berakhlak mulia dan rajin beribadah,
3. Unggul dalam penguasaan ilmu dan amal
4. Unggul dalam pembelajaran berbasis IT
5. Unggul dalam bidang Sains dan hafalan al-Qur’an
6. Unggul dalam kompetisi dan kejuaraan bidang mata pelajaran, penelitian, olah raga dan kesenian
7. Unggul dalam managemen dan kepedulian sosial tinggi
8. Unggul dalam sikap disiplin,rapi, bersih, indah, aman dan nyaman
9. Unggul dalam kreativitas dan berjiwa mandiri
10. Unggul dalam kepedulian lingkungan dan cinta tanah air, nusa, bangsa dan agama
B. Misi
1. Terwujudnya warga madrasah sehat jasmani dan rohani
2. Terwujudnya pribadi berakhlak mulia
3. Terwujudnya pribadi muslim yang toleran
4. Terwujudnya pribadi yang menguasai Iptek dan Tahfidz al Qur’an
5. Terselenggaranya pendidikan yang melayani siswa cerdas istimewa dan bakat istimewa
6. Terselenggaranya pembelajaran berbasis IT untuk mengakses informasi global berskala internasional
7. Terciptanya kondisi warga madrasah menghargai hak-hak anak
8. Terciptanya lingkungan madrasah yang aman, nyaman dan damai
C. Tujuan
1. Tujuan Satuan Pendidikan
a. Meningkatnya standar kelulusan, pencapaian ketuntasan kompetensi tiap tahun atau semester, peningkatan peringkat sekolah, kejuaraan lomba bidang akademik dan non akademik. Pengembangan kepribadian peserta didik, mengembangkan ketrampilan hidup, mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
b. Menghasilkan kurikulum satuan pendidikan sesuai BSNP yang mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. Menyediaan segala hal yang dibutuhkan bagi pengembangan diri peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler.
c. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, inspiratif, kreatif, dan CTL dan memberikan ruang bagi kreativitas dan kemandirian peserta didik.
a. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan baik secara kualitas maupun kuantitas yang memadai dan terwujudnya lingkungan green and clean.
b. Meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
c. Tercapainya efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).
d. Tercapainya biaya operasional pendidikan yang sesuai SNP secara teratur dan berkelanjutan.
e. Terlaksananya proses penilaian sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan SNP.
2. Indikator Tujuan
a. Meningkatnya standar kelulusan , pencapaian ketuntasan kompetensi tiap tahun atau semester, peningkatan peringkat sekolah, kejuaraan lomba bidang akademik dan non akademik. Pengembangan kepribadian peserta didik, mengembangkan ketrampilan hidup, mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
1) Peningkatan peringkat madrasahdi kabupaten Sleman
2) Peningkatan kejuaraan lomba bidang akademik dan non akademik
3) Peningkatan pemahaman nilai-nilai agama dan peningkatan pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, pembentukan karakter akhlak mulia
4) Peningkatan kemampuan dasar tentang keterampilan hidup antara lain dengan pemberdayaan TI dan muatan lokal
b. Menghasilkan kurikulum satuan pendidikan yang mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. Tersedianya segala hal yang dibutuhkan bagi pengembangan diri peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler, yang meliputi :
1) Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah
2) Pelaksanaan P5P2RA yang sesuai dengan kondisi madrasah
3) Pelaksaan kegiatan Ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuannya
4) Terorganisasinya layanan bimbingan dan konseling
c. Pengembangan ATP dan Modul Ajar yang memasukkan pendidikan karakter dan moderasi beragama. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, inspiratif, kreatif, dan memberikan ruang bagi kreativitas dan kemandirian peserta didik.
1) Pengembangan TP-ATP yang kontekstual
2) Pengembangan Modul Ajar dan UKBM
3) Pengembangan kretivitas dan inovasi dalam pembelajaran khususnya penerapan pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip CTL/PAKEM
4) Pengembangan dan inovasi model-model pengelolaan kelas
d. Meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP)
1) Peningkatan kompetensi pendidik pada aspek profesionalisme, pedagogik, sosial dan kepribadian
2) Peningkatan kompetensi tenaga tata usaha
3) Peningkatan managemen kepala madrasah dalam monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
e. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan baik secara kualitas maupun kuantitas yang memadai, terwujudnya lingkungan green and clean.
1) Pengembangan dan inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran
2) Pengembangan peralatan laboratorium komputer dan keterampilan
3) Pengembangan peralatan laboratorium IPA
4) Pengembangan peralatan laboratorium Bahasa
5) Pengembangan ruang guru
6) Pengembangan dan inovasi pusat-pusat sumber belajar
7) Pengembangan sarana dan prasarana Bimbingan dan Konseling
8) Terciptanya lingkungan. bersih, asri, dan sehat.
f. Tercapainya efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).
1) Pembuatan RPM tiap tahun dengan benar dan lengkap
2) Penyelenggaraan administrasi pelaksanaan kegiatan dalam RKAM
3) Pembuatan RAPBM tiap tahun dengan benar dan lengkap
4) Pembuatan pembagian tugas bagi sumber daya manusia sekolah dengan benar dan jelas
5) Pengembangan struktur dan keorganisasian sekolah sesuai kebutuhan sekolah
6) Pengembangan dan melengkapi administrasi sekolah
7) Pengembangan dan melengkapi administrasi guru
8) Pengimplementasian MBM sesuai pedoman pelaksanaan, dan pelaksanaan MBM secara konsisten
g. Tercapainya biaya operasional pendidikan yang sesuai SNP secara teratur dan berkelanjutan.
1) Mengoptimalkan sumber dana masyarakat yang tidak mengikat dan pemerintah
2) Bekerja sama dengan alumni dalam penggalangan dana pendidikan
3) Bekerja sama dengan penyandang dana independen
h. Terlaksananya proses penilaian sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan SNP.
1) Pengembangan perangkat model-model penilaian pembelajaran
2) Pengembangan perangkat penilaian / soal untuk berbagai model penilaian
3) Pengembangan pedoman penilaian sesuai dengan pedoman BSNP
4) Pengembangan lomba, uji coba dan sejenisnya dalam upaya meningkatkan ketuntasan kompetensi
5) Bekerja sama dengan pihak lain untuk uji coba mengetahui prestasi peserta didik secara periodik
6)