• 0274-586274

  • mtsn6sleman@gmail.com

Sejarah

 

SEJARAH MTs 6 SLEMAN

MTs N 6 Sleman sebelumnya bernama MTs N Yogyakarta 1. Tetapi pada tahun 2017, ada perubahan nama madrasah berdasarkan regional kabupaten dan tahun berdirinya dan MTs N Yogyakarta 1 berubah namanya menjadi MTs N 6 Sleman. Lembaga tersebut pada mulanya bernama PGAN Yogyakarta berdiri pada tanggal 16 Maret 1978 dan pada tahun yang sama dipisah menjadi MIN 1 Sleman, MTsN 6 Sleman dan MAN 3 Sleman. Semula MTsN 6 Sleman berada di bawah pembinaan Departemen Agama Kota Yogyakarta, namun sejak otonomi daerah tahun 2003 sesuai dengan letak geografisnya yang berada di Desa Sinduadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, maka dipindahkan pembinaannya menjadi bagian dari Departemen Agama Kabupaten Sleman.

Di samping faktor historis, letak geografis juga strategis, dekat dengan jalan raya, Stasiun TVRI Yogyakarta, dan berada di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, menjadikan MTsN 6 Sleman dikenal luas oleh masyarakat Kota Yogyakarta dan Kabupeten Sleman. Keadaan sosial budaya yang beragam, perbedaan latar belakang pendidikan, ekonomi dan budaya orang tua siswa berdampak dalam keberhasilan peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan penyelenggaraan pendidikan di MTsN 6 Sleman sangat ditentukan oleh Kementerian Agama,  Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Pusat yang dipengaruhi pula oleh perkembangan politik daerah dan pusat.

Lingkungan MTsN 6 Sleman memiliki beberapa keunggulan antara lain:

a.   Secara geografis letaknya strategis di Jl. Magelang km 4,4 Yogyakarta

b.   Keadaan gedung secara umum kokoh, kuat dan terawat

c.   Mempunyai masjid yang luas dua lantai, yang dapat menampung sampai 500 orang

d.   Satu kompleks dengan MAN III Sleman dan MIN I Sleman

e.   Dekat dengan Stasiun TVRI Yogyakarta

f.    Lokasi bangunan satu kompleks dengan MAN 3 Sleman dan MIN 1 Sleman

g.   Dekat dengan jalan raya Yogyakarta – Magelang sehingga mudah dalam transportasi

h.   Dekat dengan banyak lembaga pendidikan baik SMA/MA dan Perguruan Tinggi

i.    Guru dan karyawan serta komite sekolah berkomitmen dalam mengelola madrasah untuk menciptakan peserta didik yang saleh cinta bangsa dan negara

j.    Guru mempunyai peluang yang sama dalam mengakses, berpartisipasi, dan memiliki kesempatan yang sama dalam  meningkatkan pengelolaan mutu sekolah

k.   MTs N 6 Sleman mempunyai banyak program unggulan, diantaranya: madrasah Tahfidz, madrasah Riset, madrasah Akademik, madrasah SKS, madrasah Digital, madrasah Robotik, madrasah Adiwiyata dan madrasah Ramah Anak

l.    Banyak prestasi akademik, non akademik dan lembaga baik tingkat regional, nasional dan internasional

Lingkungan MTsN 6 Sleman memiliki beberapa kelemahan antara lain :

a.     Dekat jalan raya antar Provinsi sehingga perlu pengawasan bagi siswa dalam menyeberang

b.     Keadaan kantin sekolah yang belum representatif

c.     Tempat parkir siswa belum representatif

d.     Belum adanya ruang pertemuan sehingga setiap kali ada tamu (studi banding) masih menggunakan ruang perpustakaan dan aula boarding

e.     Ruang Laboratorium IPA belum standar

f.      Laboratorium Bahasa belum ada

g.     Akses jalan masuk yang belum representatif

 

Bagikan :